Percakapan Suami - Istri di Desa Mattirowalie, Kec. Tanete Riaja Tentang Pendamping Program Keluarga Harapan


Pena Celebes News - percakapan suami istiri di Desa Mattirowalie, Kec. Tanete Riaja, Kab. Barru, seorang Istri  bertanya ke Suaminya soal tugas Pendamping Program Keluarga Harapan, Gini percakapannya :

Ibu : Pak Sebenarnya Apa sih tugas Pendamping Program Keluarga Harapan?

Bapak : pendamping itu merupakan AKTOR penting dalam mensukseskan Program Keluarga Harapan.

Ibu : Maksudnya bapak AKTOR penting dalam hal apa?

Bapak : Maksudnya pendamping adalah AKTOR penting karena sebagaian besar orang miskin tidak memiliki  suara dan kemampuan untuk memperjuangkan hak mereka yang sesungguhnya, Mereka membutuhkan pejuang yang menyuarakan mereka, yang membantu mereka mendapatkan hak

Ibu : Oh gitu ya Pak, Berarti Pendamping Itu adalah Pejuang ya Pak?

Bapak : Iyalah Emank kenapa tanya-tanya soal Tugas Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) ?

Ibu : gini pak kemarin saya dari kantor pos nerima bantuan Program Keluarga Harapan, Yang saya terima itu dari kantor pos sekitar 9 ratusan pak, setelah saya terima uang tersebut saya di panggil ke meja pendamping untuk mevalidasi data saya pak, dan dimeja itulah dana itu di pangkas dari 9 ratusan menjadi 6 ratusan...Selisih pemotongannya itu sekitar 3 ratusan pak..dan Pas sampai dirumah disuruh lagi kumpul 50 ribu sebagai uang administrasi Pendamping, katanya pak

Bapak : waduh kok banyak sekali pemotongannya Bu..? terus yang suruh kumpul uang 50 ribu per orang siapa bu...?

Ibu : Katanya Pak data saya nggak valid dan uang pemotongan yang selisih 300 itu akan di kembaikan ke KAS NEGARA, katanya pak,dan soal uang 50 ribu yg akan dikumpul disuruh ama salah satu aparatur desa kita pak....

Bapak : Oh gitu ya,Tapi klo uang itu nggak kembali Bu ke KAS NEGARA terus uang itu kemana ya Bu..? dan soal uang administrasi 50 ribu, sepengetahuan saya nggak ada itu Bu, dan klo pun ada bisa dikatakan sebagai Pungutan Liar atau PUNGLI.

Ibu : saya juga nggak tau pak uang sebanyak itu di kemanakan klo nggak kembali ke Kas Negara...Sebenarnya apa sih pak tugas lain dari pendamping Program Keluarga Harapan selain sebagai AKTOR?

Bapak : Sepengetahuan saya bu, Mendampingi Proses Pembayaran, dan pada dasarnya pendamping tidak melakukan kegiatan apapun kecuali pengamatan dan pengawasan selama proses pembayaran berilangsung. Namun begitu, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh pendamping sebelum kegiatan berjalan agar proses berlangsung aman dan terkendali, yaitu: Pergi ke Kantor Pos untuk meminta jadwal pembayaran dan mendata penerima manfaat yang merupakan kelompok binaannya dan Menginformasikan Ketua Kelompok mengenai jadwal dan memastikan bahwa pembayaran diterima oleh orang yang tepat pada waktu yang telah ditentukan.

Ibu : oh gitu ya, tadi bapak bilang bahwa pada dasarnya pendamping tidak melakukan kegiatan apapun kecuali pengamatan dan pengawasan selama proses pembayaran berlangsung..tapi kok kemarin di kantor pos penerimaaan uang Program Keluarga Harapan pendamping  melakukan PEMOTONGAN Dana Bantuan?

Bapak : Oh kalo soal itu berarti pendamping PKH itu sudah melenceng dari tugas yang sebenarnya...Hanya pihak yang berwenang yang tau soal tugas tambahan tersebut..mari kita cari tau soal tugas tambahan Pendamping PKH tersebut....hehehehehehhehe

#pejuangrakyatkecil

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Percakapan Suami - Istri di Desa Mattirowalie, Kec. Tanete Riaja Tentang Pendamping Program Keluarga Harapan"

Post a Comment